Mengenag Perjalanan Karier 'Mak Nyak ' Aminah Cendrakasih, Rela Syuting dalam Kondisi Sakit


Aminah lebih dikenal sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Artis Senior Aminah Cendrakasih, atau yang lebih dikenal perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan, meninggal dunia pada Rabu 21 Desember 2022.

Aminah meninggal pada usia 83 tahun di rumahnya, kawasan Jurangmangu, Tangerang Selatan, setelah bertahun-tahun sakit. Kabar meninggalnya Mak Nyak dibagikan langsung oleh akun Instagram @sidoelanaksekolahan.

Selama hidupnya, Aminah sudah meniti karier di dunia hiburan sejak muda. Kurang lebih 50 tahun dia habiskan berkarya di panggung hiburan.

Berikut perjalanan karier dan perjalanan kehidupan Aminah Cendrakasih:

Awal Karier


Karier Aminah diawali dengan bergabung bersama pentas sandiwara dan pernah menjadi pemain sinetron, film, sampai penyanyi.

Nama Aminah Cendrakasih mulai berkibar sejak membintangi film Serampang 12 (1956) dan Asrama Dara (1958) bersama dengan Nun Zairina.

Putri aktris Wolly Sutinah ini kariernya terus naik. Ia juga mendapat kesempatan tampil dalam film Oh, Ibuku (Bagian I) dari film Gadis Tiga Djaman.

Tak hanya itu, Aminah ikut bermain dalam film Gambang Semaran sebagai pemeran utama bersama dengan Lies Noor.

100 Film Lebih diperankan


Karir Aminah di dunia peran semakin melejit hingga ditawari berbagai film. Ia bahkan sudah bermain banyak film setidaknya ada sekitar 101 film yang dia mainkan mulai dari 1955 sampai 1989 mulai dari pemain utama sampai pendukung.

Kemudian pada tahun 1994 hingga 2003 Aminah membintangi seientrom Si Doel Anak Sekolahan. Amainah dikenal masyarakat lewat perannya sebagai Mak Nyak, Ibunda dari Doel yang diperankan oleh Rano karno.

Setelah Si Doel Anak Sekolahan selesai produksi, Aminah beberapa kali bermain sintron dan terakhir sinetron yang dibintangi saat itu Si Doel Anak Pinggiran pada 2011 silam sebelum akhirnya terkena sakit.

Syuting Saat Kondisi Sakit


Sejak sakit, Ibu tujuh anak ini seolah menghilang dari panggung hiburan. Selama bertahun-tahun Aminah sakit dan hanya bisa aktifitas di kursi roda serta tiduran di kamar.

Meski saat itu pengetahuannya dan kenangan Aminah di dunia hiburan masih terniang jelas. Ia masih semangat saat menceritakan kenangan masa kejayaannya.

Aminah bahkan begitu antusias saat diajak Rano karno syuting untuk film Si Doel The Movie (2018), Si Doel The Movie 2 (2019) dan Akhir Kisah Cinta Si Doel (2020).

Meski hanya bisa terbaring di atas kasur tapi Aminah begitu menghayati dan profesional saat memerankan tokoh Emak Laila.

Dikenal Sebagai Mak Nyak


Berbagai film, sientron sampai menjadi penyanyi Aminah justru lebih dikenal perannya sebagai Mak Nyak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Meski bukan pemeran utama, Mak Nyak begitu menjiwai dengan peran tersebut. Bahkan anak generasi milenial mengenalnya sebagai Mak Nyak dibanding peran-peran lainnya yang pernah dilakoni olehnya.

Sumber : dream.co.id

(*)
Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak