Oki Setiana Dewi Pernah Beri Nasihat Kepada Para Istri Agar Tak Mudah Minta Cerai: Suami Kita Bukan Firaun

  Pendakwah Oki Setiana Dewi pernah memberi ceramah tentang perceraian. Menurutnya, perceraian adalah tindakan yang sangat dibenci oleh Tuhan, namun untuk kondisi tertentu dapat pula diperbolehkan.



"Kita tahu bahwa Allah Subhanahu Wa Ta'ala (SWT) membolehkan perceraian, namun hal itu sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebuah perbuatan yang sangat dibenci walaupun dibolehkan," kata Oki dalam sebuah ceramah dua tahun yang lalu dikutip dari kanal Youtube peribadinya.

Meski begitu, menurut Oki ada kondisi dimana seseorang mengalami hal tak terduga sehingga diperbolehkan untuk bercerai.

"Hukum asalnya adalah haram, tapi kadang-kadang bisa saja perceraian itu menjadi wajib. Itu tadi saya bilang, kalau seandainya dalam pernikahan itu banyak mudhorotnya," kata Oki.

Mengangkat kisah Asiyah, istri Firaun yang setia, Oki lantas memberi gambaran bagaimana keteguhan seorang istri dapat berbuah manis. Bahkan bisa meluluhkan hati seorang Firaun, manusia paling kejam di sunia pada masanya.

Menurut Oki, jika Asiyah saja bisa bertahan ketika menghadapi suami seorang Firaun, maka bukan tidak mungkin para istri lainnya juga mampu bertahan, terlebih jika suaminya tidak sekejam Firaun.

"Teman-teman sekalian, suami kita bukan Firaun insyaallah insyaallah dengan kesabaran yang teman-teman lakukan Insya Allah dengan doa di sepertiga malam yang teman-teman terus Ucapkan dengan cucuran air mata itu dengan teman-teman terus memperbaiki ibadah teman-teman. Bukan tidak mungkin suami kita itu bisa mendapatkan," katanya.

Bagi Oki, ada banyak cara dalam menyelesaikan masalah rumah tangga. Maka, perceraian adalah jalan terakhir jika semua upaya sudah dilakukan.

Tidak hanya kepada para istri, kepada para suami Oki Setiana Dewi juga berpesan agar tidak mudah memberi cerai kepasa istrinya.

"Kalau sudah menikah tentu ada banyak cara, ingat perceraian jangan mudah kita ucapkan. Jangan mudah laki-laki juga untuk memberikan cerai," kata kaka Ria Ricis itu.

"Bercerai itu nanti paling akhir, setelah semua usaha sudah kita lakukan. Semua doa sudah kita panjatkan kepada Allah," lanjutnya.

Lagi-lagi, menurut Oki Setiana Dewi, sekeras apapun persoalan yang dihadapi dan watak suami yang menguji iman para istri, pelan-pelan akan luluh juga.

"Batu ditetesin air, lama-lama dia berlubang. Hati dengan kelemahlembutan lama-lama terbuka," kata Oki Setiana Dewi.

Seolah bertentangan dengan nasihat kakaknya, kini publik sedang dihebohkan dengan perceraian Ria Ricis dan Teuku Ryan. Keduanya resmi bercerai pada (3/5) lalu berdasarkan putusan dari Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Suara

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak